Persepsi Owner Terhadap Kompetensi Manajemen Kontraktor Jalan di Sumatera Barat

Evita Kartikaratu Repadi(1*), Yosritzal Yosritzal(2), Purnawan Purnawan(3)

(1) Prodi Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Andalas
(2) Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Andalas
(3) Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Andalas
(*) Corresponding Author

DOI: https://doi.org/10.25077/jrs.13.2.91-100.2017

Copyright (c) 2017 Evita Kartikaratu Repadi, Yosritzal Yosritzal, Purnawan Purnawan

Abstract


Dalam menunjang keberhasilan pembangunan infrastruktur, maka diperlukan  kerja sama yang baik antara owner, kontraktor dan konsultan yang harus didukung dengan penerapan sistem manajemen proyek. Beberapa penyebab keterlambatan penyelesaian proyek pada Dinas Prasarana Jalan, Tataruang dan Permukiman Prov. Sumbar berhubungan dengan penerapan sistem manajemen proyek yang masih rendah, Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja manajemen proyek kontraktor jalan untuk paket non kecil di Prov. Sumatera Barat, mengetahui  persepsi owner terhadap penyedia jasa konstruksi dan memberikan gambaran mengenai  kinerja manajemen proyek  yang perlu ditingkatkan kinerjanya oleh kontraktor nonkecil jalan di Prov. Sumatera Barat. Dari penelitian ini teridentifikasi terdapat 9 faktor yang mempengaruhi kompetensi manajemen kontraktor jalan, Melalui metode CSI diketahui  nilai Customer Satisfaction Index (CSI) sebesar 69% yang terletak pada rentang nilai antara 65% < CSI ≤ 80%) yaitu level ke IV (Puas) sehingga Owner merasa puas terhadap kompetensi manajemen kontraktor paket nonkecil yang bekerjasama dengan Dinas Prasarana Jalan, Tataruang dan Permukiman Provinsi Sumatera Barat, Dengan Metode Requirement Satisfacton Analysis yaitu metode kuadran dan gap analysis diketahui terdapat 3 faktor yang menjadi fokus dalam perbaikan yaitu  faktor  sistem manajemen pelaksanaan jalan, faktor administrasi dan dokumentasi dan faktor sumber daya. Faktor administrasi dan dokumentasi adalah  faktor yang memiliki Gap (selisih nilai)  kebutuhan dan kepuasan yang paling besar sehingga menjadi faktor yang paling prioritas untuk ditingkatkan kinerjanya karena sangat berpengaruh terhadap kinerja kompetensi manajemen kontraktor jalan untuk paket nonkecil di Provinsi Sumatera Barat.

Keywords


Manajemen Kontraktor; Customer Satisfaction Index; Requirement Satisfaction Analysis

Full Text:

PDF

References


Chasanah. U. (2013) Thesis Komparasi Proyek Konstruksi Kontraktual Dengan Proyek Konstruksi Berbasis pemberdayaan Masyarakat. Tesis magister, Universitas Diponegoro.

Hermanto, A, W. (2008) Analisa Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Terminal Peti Kemas Semarang. Thesis, Universitas Diponegoro.

Irianto, A. (2003) Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta : Prenada Media

Kementrian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, 2014, Spesifikasi Umum Edisi 2010 (Revisi 3), Jakarta.

Khasani, R, R. (2013) Evaluasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Kinerja Manajemen Proyek Kontraktor Besar Bangunan Gedung. Thesis, Universitas Diponegoro.

Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi, 2011, Peraturan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nomor 02 Tahun 2011 tentang Tata Cara Registrasi Ulang, Perpanjangan Masa Berlaku dan Permohonan Baru Sertifikat Badan Usaha Jasa Pelaksana Konstruksi. Jakarta.

Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (2013) Peraturan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nomor 10 Tahun 2013 tentang Registrasi Usaha Jasa Pelaksana konstruksi, Jakarta.

Lukman. (2010) Survey Mengenai Pengaruh Penerapan ISO 9001 Terhadap Kualitas Proyek di PT. Pembangunan Perumahan Semarang. Thesis, Universitas Diponegoro.

Martilla, J. A. and John, C. J. (1977). Importance-Performance Analysis. The Journal of Marketing, 41(1), pp. 77-79.

Melriansyah,M (2011) Pemodelan Kompetensi Knowledge, Behavorial dan Contextual Manajer Proyek Sebagai Faktor Kesuksesan Manajer Proyek Terhadap Kinerja Biaya Proyek. Thesis.Universitas Indonesia.

Putra, C.G.D. (2011) Analisa Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kabupaten Jembrana. Thesis, Universitas Udayana Denpasar.

Setiawan, R. (2005) Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Kereta Api Komuter Surabaya-Sidoarjo. Surabaya. Thesis, Universitas Kristen Petra.

SKKNI, 2003. Manajer Pelaksanaan Pekerjaan Jalan (Site Manajer Of Road Construction), Departemen Pekerjaan Umum.

Soepono, B. (2002) Statistik Terapan Dalam Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial dan Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Supranto, J. (2002) Pengkuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta : Rineka Cipta.

Susilo, B. (2000) Analisis Pengaruh Faktor Sikap, Keahlian dan Pengetahuan terhadap Kompetensi Manajemen Perusahaan Konstruksi dari Sudut Pandang Owner, Konsultan dan Sub Kontraktor (Studi kasus 4 perusahaan konstruksi golongan A di Surabaya). Thesis, Universitas Kristen Petra.

Yosritzal, dkk (2014) Studi Implementasi Metoda Importance-Satisfaction Analysis (ISA) pada Penentuan Prioritas Penanganan Pelayanan Kereta Api Padang-Pariaman. Ace Proceeding 1st, Universitas Andalas.




Jurnal Rekayasa Sipil (JRS)-Universitas Andalas (Unand). ISSN: 1858-2133 (print) & 2477-3484 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View JRS-Unand Stats