Analisis Perilaku Pengguna Mobil Penumpang Dan Sepeda Motor Terhadap Skema Parkir Berbayar

Gusri Yaldi(1*), Imelda M. Nur(2), Apwiddhal Apwiddhal(3), Momon Momon(4)

(1) Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat, Indonesia
(2) Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat, Indonesia
(3) Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat, Indonesia
(4) Badan Penelitian dan Pengembangan Prov. Sumatera Barat, Padang, Sumatera Barat, Indonesia
(*) Corresponding Author

DOI: https://doi.org/10.25077/jrs.18.2.68-79.2022

Copyright (c) 2022 Gusri Yaldi, Imelda M. Nur, Apwiddhal, Momon

Abstract


Dengan semakin tingginya laju pertumbuhan kendaraan bermotor seperti mobil penumpang dan sepeda motor, berakibat kepada semakin meningkatnya dampak negatif transportasi berupa peningkatan angka kecelakaan lalulintas, kemacetan di jalan raya dan krisis energi. WHO melaporkan bahwa kematian akibat kecelakaan di jalan raya merupakan penyebab kematian ke-8 tertinggi di dunia. Karena itu perlu segera di antisipasi, dan diantaranya adalah dengan menerapkan skema parkir berbayar untuk pengguna mobil penumpang dan sepeda motor sehingga penggunaan kendaraan pribadi dapat di kontrol dan dialihkan keangkutan umum yang sustainable dan ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku pengguna mobil penumpang dan sepeda motor di kota Padang terhadap skema parkir berbayar virtual yang akan diterapkan berdasarkan pada data yang dikumpulkan menggunakan survei Revealed Preference dan Stated Preference. Hasil analisis mengindikasikan bahwa pengguna mobil penumpang memiliki tingkat kesukaan yang setara antara parkir di badan jalan dan di luar badan jalan dengan durasi parkir rata-rata 1.43 jam, jarak lokasi fasilitas parkir yang diinginkan maksimal 179m dari pusat kegiatan dan biaya parkir rata-rata adalah Rp.3000. Untuk pengguna sepeda motor, lokasi parkir yang disukai adalah di luar badan jalan dengan jarak 25.9m dari pusat kegiatan, durasi parkir rata-rata lebih dari 2 jam dan biaya parkir rata-rata Rp.1480. Berdasarkan respon terhadap 3 skema parkir berbayar virtual yang ditawarkan, maka direkomendasikan untuk pengguna mobil penumpang berupa skema parkir berbayar dengan tarif progresif minimal Rp.5000 untuk satu jam pertama, jarak minimal lokasi parkir ke pusat kegiatan adalah lebih dari 179m dan ruang parkir diprioritaskan untuk durasi parkir singkat yaitu maksimal 60 menit. Untuk pengguna sepeda motor, skema parkir yang direkomendasikan adalah skema parkir berbayar di badan jalan dengan tarif progresif minimal Rp.5000 untuk satu jam pertama, jarak minimal lokasi parkir ke pusat kegiatan adalah lebih dari 25.9m dan ruang parkir diprioritaskan untuk durasi parkir singkat yaitu maksimal 60 menit. Namun, skema parkir ini harus di dukung oleh penegakan hukum yang serius, dukungan dari masyarakat dan tersedianya angkutan umum yang reliable dengan biaya yang terjangkau. Karena itu, penelitian berikutnya diarahkan kepada analisis perilaku pengguna kendaraan pribadi terhadap layanan angkutan umum dan fasilitas parkir yang terintegrasi.

Keywords


Kecelakaan Lalulintas; Mobil Penumpang; Sepeda Motor; Skema Parkir; Tarif Parkir

Full Text:

PDF

References


Adnan, S. A. S., & Hamsa, A. A. K. (2015). Factors Influencing the Parking Demand of the Park and Ride Facility at Putrajaya Public Transportation Terminal. Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, 11, 1291-1306. doi: 10.11175/easts.11.1291

Alfaro, D. J. G., Camomot, F. V. G., Escalante, A. C. D., Bair, H. M., & Abuzo, A. A. (2015). On-street Parking Evaluation Divisoria, Cagayan De Oro City. Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, 11, 1710-1725. doi: 10.11175/easts.11.1710

BPPN. (2006). Effort to minimize the petrol consumption in transportation sector (in Bahasa). Jakarta: Bappenas (National Planning Body) of Indonesian Republic.

BPS. (2021a). Jumlah Kecelakaan, Korban Mati, Luka Berat, Luka Ringan, dan Kerugian Materi. https://www.bps.go.id/indicator/17/513/1/jumlah-kecelakaan-korban-mati-luka-berat-luka-ringan-dan-kerugian-materi.html

BPS. (2021b). Kota Padang Dalam Angka. Padang: BPS Padang.

BPS. (2021c). Panjang Jalan Menurut Tingkat Kewenangan, from https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/808

BPS. (2021d). Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis, from https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1133

BPS. (2021e). Statistik Daerah Provinsi Sumatera Barat.

Bridgelall, R. (2014). Campus Parking Supply Impacts on Transportation Mode-Choice. Transportation Planning and Technology, 37(8), 711-737. doi: 10.1080/03081060.2014.959354

Dishub. (2012). Master Plan of Road Transport and network. Padang: Padang transport Department.

Kolomatskiy, A., Baranov, D., Korchagin, V., & Volotskiy, T. (2020). Assessing the effect of different parking pricing policies on DRT demand using multiagent traffic simulation, case study of St. Petersburg. Paper presented at the The 9th International Workshop on Agent-based Mobility, Traffic and Transportation Models, Methodologies and Applications (ABMTRANS), Warsaw, Poland

Luathep, P., Suttipan, S., & Jaensirisak, S. (2015). Challenge of Public Transport Planning in Private Vehicle Dominated Community. Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, 11, 1122-1139. doi: 10.11175/easts.11.1122

Madhuwanthi, R. A. M., Marasinghe, A., Rajapakse, R. P. C. J., Dharmawansa, A. D., & Nomura, S. (2015). Factors Influencing to Travel Behavior on Transport Mode Choice- A Case of Colombo Metropolitan Area in Sri Lanka. International Journal of Affective Engineering, advpub. doi: 10.5057/ijae.IJAE-D-15-00044

Morichi, S. (2005). Long-term Strategy for Transport System in Asian Megacities. Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, 6, 1-22. doi: 10.11175/easts.6.1

Phithakkitnukoon, S., Sukhvibul, T., Demissie, M., Smoreda,

Z., Natwichai, J., & Bento, C. (2017). Inferring Social Influence in Transport Mode Choice Using Mobile Phone Data. EPJ Data Science, 6(11).

Pranoto, H., Leman, A. M., Baba, I., Feriyanto, D., & Putra, G. W. (2017). Improving Road Safety of Tank Truck in Indonesia by Speed Limiter Installation. Paper presented at the The 9th International Unimas Stem Engineering Conference (ENCON 2016).

RI. (2011). Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) Jalan 2011-2035. Dirjen Hubdat Retrieved from hubdat.dephub.go.id/spesial-konten/dokumen-publikasi/umum/1306-rencana-umum-nasional-keselamatan-runk-jalan-2011-2035/download.

Soehodho, S. (2007). Motorization in Indonesia and Its Impact to Traffic Accidents. IATSS Research, 31(2), 27-33. doi: 10.1016/S0386-1112(14)60219-3

Soehodho, S. (2017). Public transportation development and traffic accident prevention in Indonesia. Paper presented at the 2016 International Association of Traffic and Safety Sciences.

Sugiyanto, G. (2017). The Cost of Traffic Accident and Equivalent Accident Number in Developing Countries (Case Study in Indonesia). ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences, 12(2), 389-397.

Tsuboi, Y., Kanamori, R., Yamamoto, T., & Morikawa, T. (2015). Analysis of Parking Lot Choice Behaviors by Utilizing Accounting Data. Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, 11, 523-536. doi: 10.11175/easts.11.523

WHO. (2018). Global Status Report on Road Safety 2018.

Wijayaratna, S. (2015). Impacts of On-street Parking on Road Capacity. Paper presented at the Australasian Transport Research Forum, Sydney.

Yaldi, G., Nur, I. M., Momon, & Apwiddhal. (2016). Defining Suitable Parking Controls to Minimize Negative Impacts of Road Traffic: A Case Study in Padang City. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 6(5), 600-606. doi: 10.18517/ijaseit.6.5.914

Yan-ling, W., Xin, W., & Ming-chun, Z. (2016). Current Situation and Analysis of Parking Problem in Beijing. Procedia Engineering 777 – 785.

Yue, W. L. (2004, 29 September – 1 October). Parking management in Saudi Arabia: Is there any solution? Paper presented at the 27th Australasian Transport Research Forum, Adelaide.




Jurnal Rekayasa Sipil (JRS)-Universitas Andalas (Unand). ISSN: 1858-2133 (print) & 2477-3484 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View JRS-Unand Stats