Analisis Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Menggunakan Metode Accident Rate Dan Equivalent Accident Number (EAN) Di Kota Magelang
(1) Teknik Sipil, Fakultas Perencanaan Infrastruktur, Universitas Pertamina, Jakarta
(2) Teknik Sipil, Fakultas Perencanaan Infrastruktur, Universitas Pertamina, Jakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.25077/jrs.18.1.60-67.2022
Copyright (c) 2022 Naurahelmi Farihah Muto'in, Adita Utami
Abstract
Meningkatnya jumlah penduduk, berbanding lurus dengan peningkatan volume kendaraan. Semakin meningkatnya volume kendaraan dapat menyebabkan semakin tingginya kerawanan dan indikasi terjadinya kecelakaan lalu lintas Berdasarkan data SATLANTAS Polres Magelang Kota, jumlah kejadian kecelakaan pada tahun 2015 sebanyak 136 kejadian, tahun 2016 sebanyak 188 kejadian, tahun 2017 sebanyak 186 kejadian, tahun 2018 sebanyak 167 kejadian, tahun 2019 sebanyak 265 kejadian, dan tahun 2020 sebanyak 149 kejadian. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan lokasi rawan kecelakaan (blacksite) serta titik rawan kecelakaan (blackspot)pada ruas jalan di kota Magelang . Metode yang digunakan yaitu Accident Rate untuk mengidentifikasi ruas jalan rawan kecelakaan dan Metode Equivalent Accident Number (EAN) sebagai identifikasi titik rawan kecelakaan. Hasil dari penelitian ini adalah titik rawan kecelakaan yang ditinjau pada ruas jalan Ahmad Yani berada di KM 3+800 – KM 4 dengan nilai accident rate sebesar 70,399 , ruas jalan Jenderal Sudirman berada di KM 0+600 – KM 0+800 dengan nilai accident rate sebesar 105,446, ruas jalan Urip Sumoharjo berada di KM 1+800 – KM 2 dengan nilai accident rate sebesar 78,283, ruas jalan Soekarno Hatta berada di KM 0+800 – KM 1 dengan nilai accident rate sebesar 47,424, dan ruas jalan Gatot Subroto berada di KM 1+200 – KM 1+400 dengan nilai accident rate sebesar 59,729.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agreda, S. (2017). Optimalisasi Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas Terhadap Modifikasi Kendaraan Bermotor Yang Menyebabkan Kecelakaan Lalu Lintas Di Wilayah Hukum Polres Purbalingga. Advances in Police Science Research Journal, 1(2), 521–566.
Gito Sugiyanto, G., Ari Fadli, A., & Mina Yumei Santi, Y. (2017). Identification of black spot and equivalent accident number using upper control limit method. ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences, 12(2), 528–535.
Hobbs, F. D. (1995). Perencanaan dan teknik lalu lintas. Penerbit Gadjah Mada University Press.
Masrul, D., & Utami, A. (2021). Analisis Pengaruh On-Street Parking terhadap Kinerja Jalan di Pasar Jaya Ciracas , Jakarta Timur. Borneo Engineering: Jurnal Teknik Sipil, 5(3), 263–272.
Natalia, L. F., & Setyarini, N. L. P. S. E. (2020). Audit Keselamatan Jalan Tol Kunciran-Serpong. JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil, 3(3), 639. https://doi.org/10.24912/jmts.v3i3.8387
Rahmatunnisa, S. N., Utami, A., & Nurhidayat, A. Y. (2021). Probabilitas Perpindahan Penumpang Transportasi Massal Berbasis Rel ( Studi Kasus Kereta Api Argo Parahyangan Terhadap Kereta Cepat Jakarta – Bandung ). GE-Stram, 04(September), 91–96.
Ratnasari, I. M. B. (2016). Analisis Efektivitas Jalur Lambar Pada Euas Jalan Kaligawe Semarang. Jurnal Karya Teknik Sipil, 5(2), 57–69.
Setiyaningsih, I. (2020). Penentuan Blacksite dan Blackspot pada Ruas Jalan Jogja- Solo dengan Metode Batas Kontrol Atas ( BKA ) dan Metode Upper Control Limit ( UCL ). Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surakarta, 115–122.
Utami, A., & Rubin, K. (2021). Analisis Perbandingan Waktu Perjalanan dan Biaya antara Kendaraan Pribadi dan Transjakarta menggunakan Metode PCI ( Studi Kasus : TJ Koridor IX Pinang Ranti-Pluit ). Reka Buana: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 6(2), 150–159.
Utami, A., & Widyastuti, H. (2020). Studi Perilaku Masyarakat Terhadap Early Warning Pada Perlintasan Sebidang Tanpa Palang Pintu Di Gayung Kebonsari Surabaya. M.I.P.I, 14(1), 39–46. https://doi.org/https://doi.org/10.29122/mipi.v14i1
Widyastuti, H., & Utami, A. (2018). Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas: Studi Kasus Beberapa Jalan Di Kota Surabaya. Journal of Indonesia Road Safety, 1(3), 175–185.
Jurnal Rekayasa Sipil (JRS)-Universitas Andalas (Unand). ISSN: 1858-2133 (print) & 2477-3484 (online)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View JRS-Unand Stats