Analisis Tingkat Potensi Likuifaksi Di Kawasan Underpass Yogyakarta International Airport

Muhamad Agung Rahman(1), Teuku Faisal Fathani(2*), Ahmad Rifa'i(3), Mochammad Syidik Hidayat(4)

(1) Program Magister Teknik Pengelolaan Bencana Alam, Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(2) Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(3) Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(4) Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
(*) Corresponding Author

DOI: https://doi.org/10.25077/jrs.16.2.91-104.2020

Copyright (c) 2020 Muhamad Agung Rahman, Teuku Faisal Fathani, Ahmad Rifa'i, Mochammad Syidik Hidayat

Abstract


Fenomena likuifaksi akibat gempa merupakan berkurangnya daya dukung tanah karena hilangnya inter-granular stress antar butir-butir tanah untuk menahan beban getaran gempa akibat naiknya tegangan air pori. Dampak likuifaksi dapat menimbulkan kerugian dan kerusakan yang besar pada infrastruktur. Analisis potensi likuifaksi dilakukan di kawasan Underpass Yogyakarta International Airport (YIA) yang termasuk kedalam  formasi endapan alluvial dengan menggunakan data N-SPT pada lima data bor. Analisis potensi likuifaksi bertujuan untuk mengetahui nilai safety factor (SF) yaitu perbandingan nilai Cyclic Resistance Ratio (CRR) yang merupakan tahanan tanah terhadap likuifaksi dan Cyclic Stress Ratio (CSR)  yang merupakan tegangan geser yang timbul akibat gempa di kawasan tersebut. Peristiwa likuifaksi akan terjadi jika nilai SF kurang dari satu. Analisis tingkat potensi likuifaksi menggunakan metode Liquefaction Potential Index (LPI). Hasil analisis potensi likuifaksi di kawasan Underpass YIA menunjukan bahwa lapisan tanah pasir berpotensi mengalami likuifaksi pada kedalaman 1 m hingga 6 m dari permukaan tanah pada sisi timur (titik bor BH01, BH02) dan mulut underpass sisi barat (BH05). Pada sisi barat (titik bor BH03 dan BH04), lapisan tanah pasir di lokasi Underpass YIA tidak berpotensi likuifaksi. Berdasarkan analisis LPI menunjukkan seluruh kawasan Underpass YIA rentan terhadap ancaman likuifaksi (LPI > 5) jika terjadi gempa bumi dengan nilai percepatan muka tanah maksimum (amax) lebih dari 0,44g.


Keywords


gempa bumi; Liquefaction Potential Index; Cyclic Resistance Ratio; Cyclic Stress Ratio; Factor of Safety

Full Text:

PDF

References


BSN. (2012). SNI 1726:2012 tentang tata cara perencanaan ketahanan gempa untuk struktur bangunan gedung dan non gedung: Badan Standarisasi Nasional.

Day, R. W. (2002). Geotechnical Earthquake Engineering Handbook: McGraw-Hill.

Hardiyatmo, H. C. (2018). Mekanika Tanah 2 (Edisi Keen): Gadjah Mada University Press.

Iqbal, P., Tohari, A., Sadisun, I. A., & Nugroho, D. (2014). Fasies Sedimen Kuarter berpotensi likuifaksi Pesisir Kota Padang , Provinsi Sumatra Barat berdasarkan Data Inti Bor dan CPTu. Jurnal Lingkungan Dan Bencana Geologi, 5(1), 1-18.

Iwasaki, T., Tokida, K., & Tatsuoka, F. (1981). Soil Liquefaction Potential Evaluation with Use of the Simplified Procedure. Paper presented at the International Conferences on Recent Advances in Geotechnical Earthquake Engineering and Soil Dynamics.

Jalil, A., Fathani, T. F., Satyarno, I., & Wilopo, W. (2020). A Study on The Liquefaction Potential in Banda Aceh City After the 2004 Sumatera Earthquake. International Journal of GEOMATE, 18(65), 147-155. doi:https://doi.org/10.21660/2020.65.94557

KSO WIKA_MCM. (2018). Laporan Perencanaan Pembangunan Underpass Bandara New Yogyakarta International Airport.

Pawirodikromo, W. (2012). Seismologi Teknik & Rekayasa Kegempaan (Edisi Pert): Pustaka Pelajar.

Putra, H. G., Hakam, A., & Lastaruna, D. (2009). Analisa Potensi Likuifaksi Berdasarkan Data Pengujian Sondir (Studi Kasus Gor Haji Agus Salim dan Lapai, Padang). Jurnal Rekayasa Sipil (JRS-Unand), 5(1), 11-22.

Rahardjo, W., Sukandarrumidi, & Rosidi, H. M. (1995). Peta Geologi lembar Yogyakarta, Jawa skala 1:100.000 (Edisi II): Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.

Rahman, M. A. (2019). Laporan Magang Pembangunan Underpass New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Seed, H. B., & Idriss, I. M. (1970). A Simplifies Procedure For Evaluating Soil Liquefaction Potential. Paper presented at the EERC.

Seed, H. B., & Idriss, I. M. (1982). Ground Motions and Soil Liquefaction during Earthquake. Earthquake Engineering Research Institute Monograph.

Warman, H., & Jumas, D. (2013). Kajian Potensi Likuifaksi Pasca Gempa Dalam Rangka Mitigasi Bencana di Padang. Jurnal Rekayasa Sipil, 9(2), 1-19.

Youd, T. L., Idriss, I. M., Andrus, R. D., Arango, I., Castro, G., Christian, J. T., . . . Stokoe, K. H. (2001). Liquefaction resistance of soils: Summary report from the 1996 NCEER and 1998 NCEER/NSF workshops on evaluation of liquefaction resistance of soils. Journal of Geotechnical and Geoenvironmental Engineering, 127(10), 817-833. doi:https://doi.org/10.1061/(ASCE)1090-0241(2001)127:10(817)




Jurnal Rekayasa Sipil (JRS)-Universitas Andalas (Unand). ISSN: 1858-2133 (print) & 2477-3484 (online)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons License