Penentuan Tingkat Akurasi Beberapa Metode Prediksi Efisiensi Tangkapan (Trap Efficiency) Sedimen di Waduk Mrica

Puji Utomo(1*), Prisca Febriani(2)

(1) Program Studi Teknik Sipil, Universitas Teknologi Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
(2) Program Studi Teknik Sipil, Universitas Teknologi Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

DOI: https://doi.org/10.25077/jrs.17.3.248-258.2021

Copyright (c) 2021 Puji Utomo, Prisca Febriani

Abstract


Sedimentasi waduk merupakan permasalahan global yang sangat penting dalam perencanaan waduk karena menyebabkan penurunan kapasitas tampungan waduk. Dalam menghitung sedimentasi waduk, biasanya meliputi sedimen yang masuk, sedimen yang keluar, dan endapan sedimen di dalam waduk, sehingga didapatkan imbangan sedimen yang terjadi. Namun dalam praktik di lapangan, tidak semua melakukan ketiga perhitungan tersebut, karena pertimbangan biaya pelaksanaan yang cukup mahal. Untuk mengatasi hal tersebut, perhitungan sedimentasi dilakukan dengan pendekatan konsep efisiensi tangkapan (trap efficiency) sedimen. Selama ini pendekatan konsep ini didasarkan pada hasil penelitian di luar negeri dan tingkat akurasi masih belum optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat akurasi dari beberapa metode prediksi efisiensi tangkapan sedimen. Penelitian ini dilakukan di Waduk Mrica, Kabupaten Banjarnegara. Data-data yang diperlukan berupa data sekunder, seperti: data debit inflow, data rating curve debit sedimen, data pengukuran echosounding, data analisa butiran sedimen dasar waduk, dan data teknis waduk. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini, diantaranya: menghitung sedimen yang masuk, sedimen yang mengendap, efisiensi tangkapan, dan mendapatkan tingkat akurasi dari beberapa metode yang ditinjau. Kriteria statistik dari metode terpilih harus memiliki nilai korelasi > 0,6 dan error < 20%. Imbangan sedimen di Waduk Mrica menunjukkan bahwa laju sedimen yang masuk sebesar 6,001 juta m3/tahun. Sedimen rerata yang mengendap sebesar 3,850 juta m3/tahun, sehingga sedimen yang dikeluarkan rerata sebesar 2,151 juta m3/tahun. Tingkat akurasi dari metode prediksi efisiensi tangkapan bervariasi dari sedang sampai kuat. Metode prediksi efisiensi tangkapan sedimen Brune, Harbor dkk, dan Jotihiprakash dan Garg dianggap paling representatif untuk digunakan pada Waduk Mrica.


Keywords


Imbangan Sedimen; Trap Efficiency; Sedimentasi Waduk; Tingkat Akurasi; Waduk Mrica

Full Text:

PDF

References


Brown, C. B. (1944). Discussion of Sedimentation in Reservoirs. Trans. Am. Geophysical Union, 34(3), 407–418.

Brune, G. M. (1953). Trap Efficiency of Reservoirs. Proceedings of the American Society of Civil Enggineers, 1493–1500.

Churchill, M. A. (1948). Discussion of “Analysis and Use of Reservoir Sedimentation Data". In L. C. Gottschalk (Ed.), Proceedings of Federal Interagency Sedimentation Conference (pp. 139–140).

Dendy, F. E. (1974). Sediment trap efficiency of small reservoirs. Transactions of the ASAE, 17(5), 898–901.

Drajati, C. S. E., & Utomo, P. (2018). Kajian Imbangan Sedimen di Waduk Mrica Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah. Civil Engineering and Environmental Symposium 2018.

Febriani, P., & Utomo, P. (2018). Kajian Tingkat Akurasi Model Efisiensi Tampungan (Trap Efficiency) Sedimen Di Waduk Mrica Jawa Tengah. University of Technology Yogyakarta.

Garg, V., & Jothiprakash, V. (2008). Estimation of useful life of a reservoir using sediment trap efficiency. Journal of Spatial Hydrology, 8(2).

Gill, M. A. (1979). Sedimentation and useful life of reservoirs. Journal of Hydrology, 44(1–2), 89–95.

Harbor, J., Bhaduri, B., Angelakis, L., & Snyder, J. (1997). Sediment basins, using modified stormwater management basins and sediment basins to reduce water pollution from construction sites in Ohio. Dept. of Geology, Kent State Univ., Kent, Ohio.

Heinemarm, H. G. (1981). A new sediment trap efficiency curve for small reservoirs 1. JAWRA Journal of the American Water Resources Association, 17(5), 825–830.

Meyer-Peter, E., & Müller, R. (1948). Formulas for bed-load transport. IAHSR 2nd Meeting, Stockholm, Appendix 2.

Perum Jasa Tirta 1. (2015). Roadmap Pengelolaan Sedimentasi Waduk Mrica, Wadaslintang, Sempor di Wilayah Sungai Serayu Bogowonto.

PT. Indonesia Power. (2015). Laporan Pelaksanaan Penyelidikan Sedimentasi Waduk PLTA PB. Soedirman 2014. Unit Bisnis Pembangkitan Mrica.

Siyam, A. M. (2000). Reservoir sedimentation control. University of Bristol.

Susilo, E. (2001). Kajian Efisiensi Tangkapan Sedimen pada Beberapa Waduk di Jawa. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Utomo, P. (2017). Mrica Reservoir sedimentation: current situation and future necessary management. Journal of the Civil Engineering Forum Vol, 3(2).

Verstraeten, G., & Poesen, J. (2000). Estimating trap efficiency of small reservoirs and ponds: methods and implications for the assessment of sediment yield. Progress in Physical Geography, 24(2), 219–251.

Widarto, O. L. I. (2017). Kajian Erosi Lahan Di Daerah Tangkapan Waduk Panglima Besar Soedirman Dan Analisis Sedimentasi. Universitas Gadjah Mada.




Jurnal Rekayasa Sipil (JRS)-Universitas Andalas (Unand). ISSN: 1858-2133 (print) & 2477-3484 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View JRS-Unand Stats