Evaluasi Ketersediaan Air DAS Deli Terhadap Kebutuhan Air (Water Balanced)

Mizanuddin Sitompul(1*), Rizki Efrida(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
(2) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

DOI: https://doi.org/10.25077/jrs.14.2.121-130.2018

Copyright (c) 2018 Mizanuddin Sitompul, Rizki Efrida

Abstract


Kebutuhan terhadap sumber daya  air  pada  saat  ini  cenderung  meningkat  seiring  dengan bertambahnya jumlah penduduk dan perkembangan pembangunan industri sehingga terjadi ketidakseimbangan dalam memenuhi kebutuhan di  sektor  pertanian  dan  kebutuhan  air  baku.  Daerah Aliran Sungai  Deli adalah  salah  satu  sumber daya air  yang  digunakan  untuk memenuhi kebutuhan air di Daerah Irigasi Namorambe dan kebutuhan air  baku domestik  dan  non  domestik  di  Kabupaten  Deli Serdang dan Kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi neraca air yaitu jumlah ketersediaan air dengan kebutuhan air di DAS Deli yang didasarkan kepada jumlah alokasi air. Penelitian ini mempunyai 3 tujuan khusus yaitu menganalisis ketersediaan air di DAS Deli, menganalisis kebutuhan air di DAS Deli, dan mengevaluasi neraca air antara ketersediaan air dengan kebutuhan air di masa mendatang. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data curah hujan bulanan dengan klimatologi, jumlah penduduk, kebutuhan air Daerah Irigasi Namorambe, dan alokasi air di DAS Deli. Data curah hujan dan klimatologi digunakan sebagai analisis data ketersediaan air di DAS Deli sementara jumlah penduduk dan data kebutuhan air irigasi dianalisis untuk menghitung jumlah kebutuhan air yang memanfaatkan air dari DAS Deli. Hasil analisis menunjukan bahwasanya jumlah ketersediaan air terhadap kebutuhan air di DAS Deli dapat dikatakan surplus dalam kurun waktu satu tahun. Potensi defisit atau kekurangan air terjadi pada Bulan Maret pertengahan pertama sehingga perlu dilakukan penanganan dalam menanggulangi defisit air tersebut oleh stakeholder atau pemerintah.


Keywords


ketersediaan air; kebutuhan; neraca air

Full Text:

PDF

References


Alitu, Labdul, dan Adam. (2012). Analisis Keseimbangan Air Daerah Aliran Sungai Bolango di Boidu. Universitas Gorontalo. Gorontalo.

Asdak, C. (1995). Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta

BWSSII dan Bappeda Provsu. (2013). Rencana Pengelolaan DAS Terpadu Deli. Medan.

Hammer, W.I. (1981). Soil Conservation Consultant Report Center for Soil Research. LPT Bogor. Indonesia.

Jaya dan Hariatama. (2012). Analisis Optimalisasi Pola Tanam Daerah Irigasi Namorambe Kabupaten Deli Serdang. USU, Medan.

Jaya dan Barly. (2016). Analisis Ketersediaan Air Terhadap Kebutuhan Air Pada DAS Percut Untuk Memenuhi Kebutuhan Air Bersih Di Kabupaten Deli Serdang. USU, Medan.

Kansil, Glend Randy. Dkk. (2015). Analisis Neraca Air Sungai Akembuala di Kota Tahuna Kabupaten Sangihe, Jurnal Sipil Statik, Vol. 3 No. 7, 503 – 514, ISSN 2337-6732.

Narulita. (2017). Pendugaan Neraca Air Spasial untuk Evaluasi Ketersediaan Sumber daya Air Studi Kasus: Daerah Aliran Sungai Cerucuk, Pulau Belitung, Jurnal Teknologi Lingkungan, Vol. 18, No. 1, 120-129.

PDAM. (2012). Alokasi Air Daerah Aliran Sungai Deli. Medan.

Sari, Indra Kusuma. Dkk. (2013). Analisa Ketersediaan dan Kebutuhan Air Pada DAS Sampean, dalam jurnal: Teknik Sipil , Vol. 2 No.6, 57-68. ISSN 2407-7332.

Suripin. (2001). Pelestarian Sumber Daya Tanah Dan Air. Andi Offset, Yogyakarta.

Triatmodjo, B. (2008). Hidrologi Terapan. Beta Offset, Yogyakarta.

Zulkipli, dkk. (2012). Analisa Neraca Air Permukaan DAS Renggung untuk Memenuhi Kebutuhan Air Irigasi dan Domestik. Jurnal Teknik Pengairan. (Online). Vol.3(2)




Jurnal Rekayasa Sipil (JRS)-Universitas Andalas (Unand). ISSN: 1858-2133 (print) & 2477-3484 (online)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons License