Studi Perencanaan Bangunan Bronjong Pada Tikungan Sungai Di Desa Meunasah Buloh

Meylis Safriani(1*), Dewi Purnama Sari(2)

(1) Teuku Umar University
(2) Teuku Umar University
(*) Corresponding Author

DOI: https://doi.org/10.25077/jrs.14.2.107-120.2018

Copyright (c) 2018 Meylis Safriani, Dewi Purnama Sari

Abstract


Erosi yang terjadi setiap tahun pada tebing sungai di Desa Meunasah Buloh, Kabupaten Aceh Barat semakin parah terutama pada bagian tikungan sungai. Hal ini dikarenakan aliran sungai pada tikungan sungai lebih cepat jika dibandingkan dengan sungai yang berpenampang lurus. Bangunan perkuatan tebing sungai untuk mengurangi erosi pada Desa Meunasah Buloh direncanakan menggunakan bronjong. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan desain bronjong yang sesuai dalam mengurangi erosi tebing sungai di bagian tikungan atau belokan sungai di desa tersebut. Berdasarkan survei awal, perkebunan masyarakat yang berada di dekat tepi sungai terkikis akibat erosi, bahkan ada perumahan penduduk yang jaraknya sudah mendekati sungai. Oleh karena itu, dibutuhkan perencanaan bangunan pengaman tebing sungai tipe bronjong untuk mengatasi erosi. Analisa yang dilakukan meliputi analisa curah hujan rencana, debit banjir rencana, profil muka air banjir, desain ukuran bronjong, dan stabilitas bronjong. Desain dan ukuran bronjong yang sesuai adalah bronjong bentuk I kode D dengan dimensi 2,0 x 1,0 x 0,5 m dan ukuran batu sebesar 40 cm.  Hasil perhitungan stabilitas terhadap guling diperoleh FSguling sebesar 2,39 dimana nilai ini lebih besar dari 1,5. Berdasarkan hasil perhitungan dapat dilihat bahwa struktur konstruksi bronjong aman terhadap gaya guling. Hasil perhitungan stabilitas bronjong terhadap gaya geser diperoleh struktur konstruksi bronjong aman terhadap geser dimana nilai FSgeser sebesar 1,87 dimana nilai ini lebih besar dari 1,5. Hasil perhitungan diperoleh tegangan maksimum lebih kecil dari tegangan izin maka daya dukung tanah untuk pondasi bronjong sebagai perkuatan tebing sungai aman. Berdasarkan hasil analisis, menunjukkan bahwa struktur desain konstruksi bronjong aman terhadap gaya guling, gaya geser, dan daya dukung tanah. Peletakan bangunan bronjong pada tebing sungai bagian tikungan/belokan sungai di Desa Meunasah Buloh  mulai cross sungai A11 – A19 sepanjang 620 m

Keywords


erosi, tebing sungai, tikungan sungai, bronjong, stabilitas bronjong

Full Text:

PDF

References


Asdak C. (2010). Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Benyamin, E.A. (2017). Perkuatan Tebing Sungai Menggunakan Bronjong Di Sungai Manikin. Jurnal Teknik Sipil, Vol. VI, No. 2, pp. 187-198.

Dinas Pekerjaan Umum. (1999). Spesifikasi Bronjong Kawat, SNI 03-0090-1999. Dinas Pekerjaan Umum Pusat Litbang Prasarana Transportasi dan Pengembangan, Jakarta.

Freeman, G. E. and Fischenich J.C. (2000). Bronjongs for Streambank Erosion Control. Army Engineer Waterways Experiment Station Vicksburg Ms Engineer Research and Development Center, United States.

Hardiyatmo, H.C. (2011). Analisis dan Perencanaan Fondasi II. Edisi Kedua. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Harto, S. (2000). Analisis Hidrologi. PT. Gramedia, Jakarta.

Kodoatie, R. dan Sugyanto. (2002). Banjir, Beberapa Penyebab dan Metode Pengendaliannya. Pustaka Pelajar, Yogjakarta.

Murri, M. M., Surjandari, N. S., dan As’ad, S. (2014). Analisis Stabilitas Lereng dengan Pemasangan Bronjong (Studi Kasus di Sungai Gajah Putih, Surakarta). e-Jurnal Matriks Teknik Sipil, Vol. 2, no. 1, pp. 162-169.

Rosihun, M. dan Endaryanta. (2011). Analisis Stabilitas Talud Bronjong Sungai. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jurnal Inersia, Vol. : VII, No. 2. pp. 182-201.

Triatmodjo. (2010). Hidraulika II. Beta Offset, Yogyakarta.




Jurnal Rekayasa Sipil (JRS)-Universitas Andalas (Unand). ISSN: 1858-2133 (print) & 2477-3484 (online)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons License