Analisis Fasilitas Parkir Obyek Wisata Goa Gong, Pacitan

Sulistiani Sulistiani(1), Ahmad Munawar(2*)

(1) Universitas Gadjah Mada
(2) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

DOI: https://doi.org/10.25077/jrs.14.1.1-12.2018

Copyright (c) 2018 Sulistiani Sulistiani, Ahmad Munawar

Abstract


Kabupaten Pacitan dikenal dengan “Kota 1001 Goa” dan salah satu ikonnya adalah Goa Gong. Ketersediaan fasilitas parkir yang memadai merupakan salah satu faktor yang menentukan tingkat kunjungan wisatawan. Bertambahnya jumlah wisatawan berpengaruh terhadap volume parkir. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi fasilitas parkir di Objek Wisata Goa Gong dan memberikan alternatif penanganan masalah fasilitas parkir dan aksesibilitas untuk pengembangan Objek Wisata Goa Gong. Data primer diperoleh dengan melakukan survei lapangan yang dilaksananakan pada hari Sabtu dan Minggu, berupa data nomor plat kendaraan, waktu kendaraan masuk dan waktu kendaraan keluar area parkir. Data sekunder diperoleh dari instansi terkait berupa data volume parkir tahun 2011-2016. Prediksi volume parkir tahun 2022 dilakukan dengan metode regresi berdasarkan data volume parkir tahun 2011-2016.Berdasarkan hasil analisis data, indeks parkir rata-rata di area parkir Objek Wisata Goa Gong tidak terlalu tinggi, tetapi pada jam-jam tertentu indeks parkir mencapai lebih dari 70 %. Jika indeks parkir lebih dari 70 %, pengguna parkir akan kesulitan dalam memperoleh ruang parkir. Hasil prediksi volume parkir pada tahun 2022 mencapai 20868 kendaraan untuk sepeda motor, 19776 kendaraan untuk mobil, dan 6120 untuk bus. Prioritas penanganan masalah adalah penambahan kapasitas parkir termasuk penyediaan fasilitas pendukung lainnya, misalnya pemisahan pintu masuk dan keluar area parkir, pemasangan mesin/pintu parkir otomatis pada pintu masuk dan keluar area parkir, pembuatan zebra cross serta penyediaan angkutan untuk wisata. Penerapan manajemen parkir dan penegakan peraturan yang tegas juga diperlukan dalam upaya pengembangan Objek Wisata Goa Gong.

Keywords


Fasilitas Parkir; Off Street Parking; Alternatif Solusi; Goa Gong; Pacitan

Full Text:

PDF

References


Asih, Meita Bustanul dan Imam Muthohar, 2012, Upaya Pemecahan Masalah Lalu Lintas Akibat Aktivitas Sisi Jalan Yang Tinggi Dengan Analisis Tundaan (Studi Kasus : Jalan Kesehatan, Yogyakarta), The 15th FSTPT International Symposium, STTD Bekasi

Gani, M., Dkk, 2014, Pengaruh Manuver Parkir Badan Jalan Terhadap Karakteristik Lalu Lintas, Diakses tanggal Tanggal 28 Agustus 2017, melalui http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/10852

Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Tahun 1996, Nomor : 272/HK.105/DRJD/96 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir

Munawar, Ahmad, 2003, Analisis Potensi Parkir Studi Kasus Kota Yogyakarta, Forum Teknik Jilid 27, No.1, Maret 2003

Munawar, Ahmad, 2004, Manajemen Lalulintas Perkotaan, Beta Offset, Yogyakarta, Indonesia

Munawar, Ahmad, 2005, Dasar-dasar Teknik Transportasi, Beta Offset, Yogyakarta, Indonesia

Nabal, Alfred Rodriques Januar, 2014, Evaluasi Kebutuhan Lahan Parkir Pada Area Parkiran Kampus Fisip Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Jurnal Teknik Sipil, Vol. 13, No. 1, Hal. 32–44, Oktober 2014

Ramadhani, Nissa, dkk, 2017, Identifikasi Kebutuhan Ruang Parkir Di Kawasan Wisata Pantai Muaro Lasak Kota Padang, Kumpulan Jurnal Tugas Akhir Teknik PWK, Vol. 1, No.3, diakses tanggal 18 Agustus 2017, melalui http://ejurnal.bunghatta.ac.id

Supriatna, Nandan, 2008, Kajian Proses Manuver Parkir Di Badan Jalan Di Kota Bandung, Jurnal Sipil Kokoh, Vol. 6, No. 1, Januari 2008

Syaputra, Randy, dkk, 2015, Pengaruh Hambatan Samping terhadap Kinerja Lalu Lintas Jalan Nasional (Studi Kasus Jalan Proklamator Raya – Pasar Bandarjaya Plaza), JRSDD, Vol. 3, No. 3, hal. 441 - 454




Jurnal Rekayasa Sipil (JRS)-Universitas Andalas (Unand). ISSN: 1858-2133 (print) & 2477-3484 (online)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons License