Motivasi Pekerja Pada Proyek Konstruksi di Kota Padang

Hafid Aziz(1*), Benny Hidayat(2)

(1) Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Andalas
(2) Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Andalas
(*) Corresponding Author

DOI: https://doi.org/10.25077/jrs.13.1.29-42.2017

Copyright (c) 2017 Hafid Aziz, Benny Hidayat

Abstract


Ketatnya persaingan yang ada membuat perusahaan kontraktor harus dapat memaksimalkan potensi dan kemampuan yang ada terutama dalam pengelolaan sumber daya manusia. Sementara itu, salah satu sumber daya manusia yang terlibat langsung dalam pelaksanaan proyek konstruksi di lapangan adalah buruh lapangan (craft labour), yang terdiri atas berbagai macam tukang yang memiliki keahlian tertentu yang sering disebut juga sebagai tenaga terampil. Kinerja dari tenaga terampil ini akan dipengaruhi oleh motivasi kerjanya. Motivasi adalah salah satu faktor kunci untuk meningkatkan efektivitas suatu perusahaan. Motivasi sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya adalah lingkungan sosial, budaya, dan individu masing-masing orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebutuhan yang mempengaruhi motivasi pekerja konstruksi dan menganalisis faktor-faktor motivasi yang mempengaruhi motivasi pekerja konstruksi. Adapun metode yang digunakan adalah dengan cara penyebaran kuisioner kepada seratus orang responden dari beberapa proyek di Kota Padang, serta melakukan wawancara kepada tiga orang pekerja proyek. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan 5 faktor yang paling berpengaruh terhadap motivasi pekerja proyek konstruksi di Kota Padang secara umum, yaitu: (1) upah/gaji yang mencukupi, (2) Bonus dan upah tambahan, (3) bayaran yang diterima tepat waktu, (4) Adanya dukungan dari keluarga, (5) Adanya upah lembur.
Kata kunci : sumber daya manusia, motivasi, pekerja

Keywords


sumber daya manusia; motivasi; pekerja

Full Text:

PDF

References


Asnawi, S. 2002. Teori Motivasi Dalam Pendekatan Psikologi Industri dan Organisasi, Studia Press.

Asisi Dody, F. 2012. Studi Mengenai Hubungan Motivasi Kerja Dan Waktu Kerja Tukang Pada Proyek Konstruksi. Tugas Akhir S1, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Denyro, dkk. 2013. Model Pengukuran Tingkat Motivasi Dan Demotivasi Pekerja Proyek Konstruksi Di Surabaya. Tugas Akhir S1, Universitas Kristen Petra Surabaya.

Djendoko, Dwi. 2004. Motivasi Pekerja Pada Beberapa Proyek Konstruksi Di Surabaya. Jurnal Civil Engineering Dimension, Vol. 6, No. 2, 80–87, September 2004

Farlen, Frans. 2011. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Tugas Akhir S1, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

Hidayat, F. 2009. Motivasi Pekerja Pada Proyek Konstruksi di Kota Bandung. Media Teknik Sipil, Vol. 9, No. 1, 57-70, Januari 2009

Kaming, P.F. Olomolaiye, P. O., Holt, G.D., Harris, F. C., Factors Influencing Craftmen’s Productivity in Indonesia, International Journal of Project Management, 15(1), 21-30.

Martin, V. 2007. Pengaruh Kompensasi Finansial Terhadap Motivasi Kerja. Skripsi, Universitas Widyatma Bandung.

Martoyo, Susilo. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia, BPFE Yogyakarta.

Rante, Israel. 2009. Faktor motivasi dan demotivasi pekerja pada beberapa Proyek konstruksi di yogyakarta. Tugas Akhir S1, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Renatha, Olivia. 2015. Motivasi Kerja Pegawai Pada Pelayanan Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I Makassar. Skripsi, Universitas Hasanuddin Makassar.

Soekiman dan Purbasakti. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Pekerja Terampil Di Industri Konstruksi. Tugas Akhir S1, Universitas Katolik Parahyangan Bandung.

Biro Pusat Statistik 2013, http://www.bps.go.id (diakses pada tanggal 13 September 2015)

Silviana, Intan. Kuesioner Penelitian. 20 Mei 2015. http://ime351.weblog.esaunggul.ac.id/ (diakses pada tanggal 22 September 2015)




Jurnal Rekayasa Sipil (JRS)-Universitas Andalas (Unand). ISSN: 1858-2133 (print) & 2477-3484 (online)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons License