Pengaruh Rasa Takut Terhadap Profil Perilaku Pengendara Usia Remaja - Studi Dengan Driver Behaviour Questionnaire (DBQ)

Fardzanela Suwarto(1*), Hartono Hartono(2), Lukman Lukman(3)

(1) Teknik Sipil, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro
(2) Teknik Sipil, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro
(3) Teknik Sipil, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro
(*) Corresponding Author

DOI: https://doi.org/10.25077/jrs.15.2.129-139.2019

Copyright (c) 2019 fardzanela Suwarto, Hartono, Lukman

Abstract


Di Kota Semarang jumlah kecelakaan lalu lintas cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Dari seluruh kecelakaan yang terjadi di jalan raya, faktor perilaku pengemudi (human error) memiliki kontribusi paling tinggi yaitu mencapai antara 80-90 persen. Kecelakaan jalan menjadi penyebab utama kematian di kalangan remaja antara usia 14 dan 24 tahun. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya persepsi pengendara. Tujuan studi ini adalah untuk melihat kecenderungan perilaku dan pengaruh faktor persepsi rasa takut dalam mempengaruhi perilaku pengemudi usia remaja di Kota Semarang, agar didapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang perilaku pengemudi remaja dalam upaya mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas. Responden pengendara kendaraan usia remaja akan diminta untuk melengkapi Driver Behaviour Questionnaire (DBQ) yang meminta mereka untuk menilai frekuensi dimana mereka melakukan berbagai jenis kesalahan dan pelanggaran saat berkendara serta kuesioner persepsi rasa takut dalam berkendara. Dari Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi terhadap rasa takut tidak memiliki hubungan yang cukup kuat terhadap keterampilan mengemudi pengendara usia remaja terlihat dari nilai korelasi Rsquare kedua variabel tersebut yaitu sebesar 1.1%. Selain itu persepsi rasa takut yang juga tidak dapat serta merta mengurangi tingkat kesalahan (lapses dan error) yang dapat dibuat tiap individu saat sedang berkendara, tetapi perasaan takut ini dapat mengurangi intensi atau keinginan pengendara remaja untuk melakukan tindakan pelanggaran ringan maupun berat (ordinary dan aggressive violations).


Keywords


kecelakaan; pengemudi; usia remaja; DBQ; rasa takut

Full Text:

PDF

References


Coleman, N. V., Williams, P., Morales, A. C., & White, A. E. (2017). Attention, attitudes, and action: When and why incidental fear increases consumer choice. Journal of Consumer Research, 44(2), 283-312.

D'Souza, C., & Tay, R. (2016). Advertising implications and design of messages. Marketing Intelligence and Planning, 34(4), 504 – 522. doi:https:// dx.doi.org/10.1108/MIP-03-2015-0069

Elliott, M. A., & Baughan, C. J. (2004). Developing a Self-Report Method for Investigating Adolescent Road User Behaviour. Transport. Res. Part F: Traffic Psychol. Behav. 7, 373–393.

Hassan, H. M., Shawky, M., Kishta, M., Garib, A. M., & Al-Harthei, H. A. (2017). Investigation of drivers’ behavior towards speeds using crash data and self-reported questionnaire. Accident Analysis & Prevention, 98, 348-358.

Kirytopoulos, K., Kazaras, K., Papapavlou, P., Ntzeremes, P., & Tatsiopoulos, I. (2017). Exploring Driving Habits and Safety Critical Behavioural Intentions among Road Tunnel Users: a Questionnaire Survey in Greece. Tunnelling and Underground Space Technology, 63, 244-251.

Klauer, S. G., Simons-Morton, B. G., Lee, S. E., Ouimet, M. C., Howard, E. H., & Dingus, T. A. (2011). Novice Drivers' Exposure to Known Risk Factors during The First 18 Months of Licensure: The Effect of Vehicle Ownership. Traffic Injury Prevention, 12(2), 159–168.

Lu, J., Xie, X., & Zhang, R. (2013). Focusing on Appraisals: How and Why Anger and Fear Influence Driving Risk Perception. Journal of safety research, 45, 65-73.

Mosedale, J., Purdy, A., & Clarkson, E. (2004). Contributory Factors to Road Accidents. London: Department of Transportation.

Mowen, J., Harris, E. G., & Bone, S. A. (2004). Personality Traits and Fear Response to Print Advertisements: Theory and an Empirical Study. Psychology and Marketing, 21(11), 927-943.

Nabipour, A. R., Nakhaee, N., Khanjani, N., Moradlou, H. Z., & Sullman, M. J. (2015). The Road User Behaviour of School Students in Iran. Accident Analysis & Prevention, 75, 43-54.

Parker, D., Reason, J. T., Manstead, A. S. R., & Stradling, S. G. (1995). Driving errors, driving violations and accident involvement. Ergonomics, 38(5), 1036–1048.

Passyn, K., & Sujan, M. (2006). Self-Accountability Emotions and Fear Appeals: Motivating Behavior. Journal of Consumer Research, 32(4), 583-589. doi:https://dx.doi.org/10.1086/500488

Petridou, E., & Moustaki, M. (2001). Human Factors in The Causation of Road Traffic Crashes. Eur. J. Epidemiol, 16, 819–826. doi:http://dx.doi.org/10.1023/A.;1; 1007649804201

Pignataro, J. L. (1973). Traffic Engineering Theory and Practice. USA: PrenticeHall, inc.

Poudel-Tandukar, K., Nakahara, S., Ichikawa, M., Poudel, K. C., & Wakai, S. (2006). Relationship Between Mechanisms and Activities at The Time Of Pedestrian Injury and Activity Limitation Among School Adolescents in Kathmandu, Nepal. Accid. Anal. Prev. 38, 1058–1063.

Reason, J., Manstead, A., Stradling, S., Baxter, J., & Campbell, K. (1990). Errors and Violations on The Roads: A Real Distinction? Ergonomics, 33(10-11), 1315-1332.

Schmidt-Daffy, M. (2013). Fear and Anxiety While Driving: Differential Impact of Task Demands, Speed And Motivation. Transportation Research, 16, 14–28.

Simons-Morton, B. G., Ouimet, M. C., Zhiwei, Z., Lee, S. L., Klauer, S. E., Wang, J., . . . Dingus, T. E. (2011). Risky Driving Among Novice Teenagers and Their Parents. American Journal of Public Health, 101(12), 2362–2367.

Siska, & Cokki. (2017). Pengaruh Sifat Dasar terhadap Respon Rasa Takut pada Iklan Keselamatan Berkendara. Conference on Management and Behavioral Studies.

Sullman, M. J., & Mann, H. N. (2009). The Road User Behaviour of New Zealand Adolescents. Transport. Res. Part F: Traffic Psychol. Behav. 12, 494–502.

Sullman, M. J., Thomas, A., & Stephens, A. N. (2012). The road user behaviour of school students in Belgium. Accid. Anal. Prev. 48, 495–504.

Surya, A. Z., & Bagaskara, S. (2016). Pengaruh Emosi Takut terhadap Persepsi Risiko pada Pengendara Motor: Studi Menggunakan Simulator. Simposium XIX FSTPT Universitas Islam Indonesia.

Tight, M. (2012). Course on Sustainable Transport Policy. Birmingham, United Kingdom: University of Birmingham.




Jurnal Rekayasa Sipil (JRS)-Universitas Andalas (Unand). ISSN: 1858-2133 (print) & 2477-3484 (online)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons License